5 tipe penumpang pesawat yang ada di Indonesia, kamu tipe yang mana?

Buat kamu yang suka berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, coba amati sekitarmu saat berada di ruang tunggu atau waiting room. Sembari menunggu masuk ke dalam pesawat atau mungkin menunggu delay, daripada sewot, coba deh mulai perhatikan di sekitarmu. Apa yang kamu lihat?

Dari perjalanan dan pengamatan saya selama saya berada di ruang tunggu bandara, saya dapat menyimpulkan bahwa ada 5 tipe penumpang pesawat dengan sifat yang berbeda.

#TIPE 1: SI TUKANG SEROBOT

Spesies yang satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya. Sesuai dengan namanya, biasanya spesies TIPE 1 pandai menggunakan jurus mepet antrean, gerakan gesit, bahkan mungkin dorong-mendorong, dan muka lempeng. Dengan berbagai jurus, mereka pun dapat dengan mudah menyerobot antrean orang-orang yang penuh belas kasih. Duh ya, kalau kamu termasuk tipe yang ini, please deh ya, pesawat itu ga akan kemana-mana dan kursimu juga ga akan direbut orang kok kalau kamu sudah antri. So, tolong tertib-lah dalam megantri, jangan main serobot. Ini antre masuk pesawat ya, bukan antrean sembako.

#TIPE 2: SI MUKA LEMPENG

Spesies yang ini juga ngga kalah berbahaya dari yang TIPE 1. Jenis ini biasa duduk di dekat pintu masuk boarding. Ketika pintu mulai dibuka untuk penumpang, mereka tidak mau antre dari belakang. Mereka biasanya langsung antre di depan menyerobot orang yang sudah antre di paling depan dengan muka SOK GAK TAU kalau itu antrean alias MUKA LEMPENG. Kalau kamu tipe yang ini, tolong ya, kalau kamu duduk di depan boarding gate, itu bukan berarti kamu dihitung sebagai mengantri. Kalau kamu sudah tahu kalau pesawat dan kursimu ga akan kemana-kemana dan kamu males antre, yasudah, kamu bisa kok tunggu antrean sampai habis lalu memroses boardingmu dan masuk ke pesawat. Tidak perlu lempeng langsung ke depan dan berlagak sok ga tau kalau sudah ada antrean panjang di belakang ya.

#TIPE 3: SI FRONTAL

Jenis yang ini biasanya paling benci dengan spesies TIPE 1 dan 2. Mereka akan dengan santainya menegur si tukang serobot dan si muka lempeng kalau mereka berani menyerobot antrean si frontal ini. Kata-kata yang paling sering keluar dari spesies yang ini adalah “antri dong” versi kasarnya, atau dengan versi yang lebih sopan “tolong antre dari belakang ya bu/pak”.

#TIPE 4: SI SOK PRIORITAS

Spesies ini berlaku untuk jenis penumpang Garuda Indonesia. Jika kamu pernah terbang dengan maskapai Garuda Indonesia, kamu pasti aware dengan istilah SKY PRIORITY. Untuk yang belum tau apa itu sky priority, coba saya jelaskan sedikit ya. Pelayanan sky priority ini merupakan layanan prioritas yang disediakan untuk elite member (kata mereka) misalnya member minimal PLATINUM Garuda Miles, Business/First Class, dan member-member elite lainnya. Layanan ini berupa priority check in, boarding, bahkan antar/jemput ke pesawat. Apa bedanya dengan kelas ekonomi ?

  1. Antrean boarding lebih pendek. Bahkan kalau domestic flight hapir tidak ada antrean
  2. Kalau biasanya economy naik bis ke pesawat (terutama di badara soekarno hatta), member sky priority melewati jalur karpet merah dan dijempput oleh mobil khusus. TIDAK MENGGUNAKAN BIS

Nah spesies TIPE 4 ini biasanya menganggap dirinya adalah bagian dari SKY PRIORITY padahal, pada kenyataanya mereka adalah orang-orang yang INGIN dianggap SKY PRIORITY tapi sayang belum tercapai. Biasanya mereka ini masih di tingkatan level silver atau gold di garuda miles. (FYI, tingkatan level garuda miles ini blue-sliver-gold-platinum). Mereka dengan gaya sok nya itu menunjukka kartu gold ata silvernya ke bagian sky priority untuk menghindari antrean boarding economy yang panjang. Anehnya, bagian boarding sky priority biasanya sih manut-manut wae (nurut-nurut saja).

#TIPE 5: SI GELENG-GELENG KEPALA

Sesuai namanya, spesies ini biasanya geleng-geleng kepala ditambah elus-elus dada. Spesies ini biasanya dibagi mejadi dua bagian. Yang pertama adalah si geleng-geleng sabar dan yang kedua adalah si geleng-geleng ngedumel. Spesies jenis geleng-geleng sabar memang orang yang sabar dan baik hati. Kalau melihat kerusuhan boarding TIPE 1-2-4 mereka cuma bisa geleng-geleng kepala, tersenyum kecut dan ngebatin “kok ada ya orang begitu?” sambil tetap antri dengan sabar. Lain halnya dengan si geleng-geleng ngedumel. Spesies yang ini sebetulnya kesal dengan TIPE 1-2-4, tapi apa daya, dia bukan si frontal. So, dia cuma bisa ngedumel dan marah dalam hati sambil frustasi geleng-geleng kepala. Hehehe


Setelah introspeksi diri, akhirnya aku memutuskan aku termasuk kedalam TIPE 4 yaitu SI FRONTAL. Ya, aku paling tdak suka kalau antreanku di serobot. Beberapa kali aku menegur orang yang mengambil antrian didepanku. Sekalipun itu orang yang lebih tua dariku. Sorry, although you’re older than me yet you don’t earn my respect if you act like that, Sir/Madame. Pengecualian untuk Ibu hamil, Ibu dengan anak kecil, atau orang dengan wheel chair. Golongan tersebut memang seharusnya masuk lebih dulu ke dalam pesawat. Bukankah selalu ada pengumuman yang menyatakan bahwa penumpang dengan anak kecil/hamil/dengan kursi roda di harapkan masuk terlebih dahulu ke dalam pesawat? tentu saja kamu akan mendengar jika kamu memberikan perhatian lebih ke pengumuman tersebut dengan cara tidak sibuk sendiri dan bersifat egois untuk menyerobot antrean sana-sini. hehehehe

lagipula, apa sih susahnya sabar mengantri dengan membentuk 1 barisan yang rapi ? bukankah waktu SD kita juga diajarkan mengantre untuk masuk ke dalam kelas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.