Tricks on IELTS Test: Writing Structure

Hello!

Sejak Arya dan saya berhasil untuk melanjutkan sekolah ke Belanda, banyak dari teman dan saudara kami yang menanyakan bagaimana untuk bisa melanjutkan sekolah keluar negeri, seperti cara mendapatkan sekolah, mendapatkan beasiswa (LPDP dalam kasus kami), dan lolos tes IELTS. Untuk post ini, saya akan fokus ke bagaimana cara lolos tes IELTS, terutama writing. If you want me to write other topics like how to get the school and the scholarship or other IELTS tricks, please comment on this post. If there’s lot of requests, I’ll make you one ASAP.

Okay, so why only Writing? I am not saying that other parts of IELTS are easy but I found that Writing could be easily tricked to get at least a 6.5 in IELTS test. Menurut guru Arya di IALF, kebanyakan orang Indonesia kurang bisa menulis secara runut. Ide dan pendapat yang ingin disampaikan terpencar dan tidak terstruktur dengan rapi. Padahal selain grammar dan vocabulary, writing structure juga sangat penting dalam writing test. Saya adalah salah satu orang yang kurang bisa menulis dengan struktur yang rapi. Jadi, trik yang akan saya ajarkan ini akan (hopefully) berguna untuk memiliki tulisan dengan struktur yang (lebih) rapi.

Trik yang saya share ini adalah trik diajarkan oleh seorang guru di lembaga IALF saat Arya mengikuti program IELTS preparation disana. Lalu, saya kombinasikan dengan pengetahuan dan pengalaman saya sewaktu belajar dan tes IELTS.

#Writing Task 1

Di dalam tes IELTS, terdapat 2 buah writing task yang harus diselesaikan. Pada sesi Writing Task 1 ini, kamu diharuskan untuk mendeskripsikan atau membandingkan grafik/gambar yang diberikan di dalam tes. Untuk sesi ini, kamu harus menuliskan minimal 150 kata. Menurut guru saya di IELTS preparation program, kamu bisa menuliskan sampai ~250 kata. Untuk sesi writing 1 ini, trik yang bisa dilakukan adalah:

  1. Lihat Judul ada grafik atau gambar yang ada pada soal tes. Lalu perhatikan elemen-elemen apa saja yang ada di dalam grafik/gambar tersebut. Tuliskan judul dan elemen-elemen pada grafik/gambar yang ada di paragraph 1
  2. Deskripsikan gambar dengan detail – namun tidak berlebihan mengingat dengan adanya limit 150 kata. Misalnya dengan mendeskripsikan kurva naik, turun, fluktuasi, titik tertinggi, dan titik terendah, tren kurva (positif/negatif), mendeskripsikan perbedaan gambar sebelum dan sesudah. Tuliskan deskripsi kamu di paragraph 2-3.
  3. Lanjutkan dengan kesimpulan di paragraph terakhir tanpa menuliskan deskripsi tambahan. Di paragraph kesimpulan, kamu cukup merangkum apa yang sudah kamu tuliskan di paragraph sebelumnya
  4. JANGAN sisipkan PENDAPAT atau kalimat-kalimat yang bersifat subjektif. Tugas Writing task 1 ini adalah men-DESKRIPSI-kan gambar/grafik yang ada di dalam soal.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh penyelesaian writing task 1. Untuk contoh penyelesaian yang lain, silahkan download file PDF disini:  Writing Task 1

wirte1

#Writing Task 2

Pada sesi Writing Task 2, kamu harus memberikan pendapat kamu (agree/disagree) pada pernyataan yang disampaikan di dalam tes. Untuk sesi ini, kamu harus menuliskan minimal 250 kata. Kamu bisa menuliskan sampai ~350 kata di dalam sesi ini. Untuk sesi writing 2 ini, trik yang bisa dilakukan adalah:

  1. Usahakan kamu berposisi netral terhadap statement yang ditanyakan. Both agree and disagree along with the reasons. Kenapa netral ? supaya banyak materi yang bisa dituliskan
  2. Minimal ada 4 paragraph yang harus kamu buat. 4 paragraph ini terdiri dari Introduction, Agree statement, Disagree statement, and Conclusion

Dibawah ini adalah contoh paling simpel untuk menyelesaikan Writing Task 2. Untuk kata yang saya beri warna merah, itu adalah contoh kata sambung yang bisa digunakan.

intro

Untuk paragraph Introduction, kamu bisa mengulangi pertanyaan dengan menggunakan kata-kata yang berbeda atau dengan kata lain mem-paraphrase pertanyaan dari sesi writing task 2. Kemudian sampaikan statement kamu, bahwa kamu agree dan disagree. di dalam paragprah ini kamu tidak perlu menyampaikan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju terhadap pernyataan yang ada di dalam soal

par2-3

Untuk paragraph 2 dan 3, kamu bisa menyampaikan agree/disagree statement kamu. Di paragraph ini, kamu bisa jelaskan lebih detail tentang agree/disagree statement yang kamu buat dengan mendeskripsikan statement kamu serta memberikan contoh supaya statement yang kamu buat lebih jelas. Elaborate penjelasan dan contoh yang kamu tuliskan dengan kata sambung yang baik sehingga kalimat-kalimant yang terdapat di dalam paragraph dapat tersambung dengan baik.

conclusion

Di Paragraph ini, kamu tidak perlu membuat statement baru. Kamu cukup merangkum apa yang sudah kamu tuliskan di paragraph sebelumnya

Untuk contoh penyelesaian writing task 2 yang lain, silahkan download file PDF disini:  Writing Task 2

dorry


At the end, saya tidak bisa menjamin bahwa trik ini akan berhasil di semua orang, tapi trik ini berhasil mengantarkan saya, arya dan beberapa teman yang kami ajarkan. Perlu diingat, bahwa grammar dan vocabulary juga perlu di perhatikan selain struktur penulisan yang rapi. So, dengan mengandalkan tips dari saya saja, tentu tidak akan cukup membuat kamu lulus writing test kalau grammar dan vocabulary kamu masih kurang.

Beberapa hal yang bisa saya sarankan:

  1. Berlatih menulis dengan mengandalkan peer-review. Kalau kamu sedang dalam program IELTS Preparation, ada baiknya kamu memanfaatkan tenaga pengajar di institusi kamu sebagai partner kamu untuk mereview tulisan kamu.
  2. Pelajari writing structure dari situs-situs gratis yang menyediakan berbagai macam model penyelesaian writing test. Cari model penyelesaian dengan nilai 7.5-8 dan bandingkan dengan tulisan kamu. Cari apa yang kurang dari tulisan kamu dan perbaiki kembali tulisanmu

I believe that if you are persistent enough to learn and put much focus and effort on this, you could improve this trick with better grammar and vocabulary to get a higher score!

Finally, we really hope that the tricks could help you to write better and pass the test. Please let us know the tricks work for you or if you have any better tricks! let’s share! We wish you good luck with your IELTS test!!

cheers.

3 thoughts on “Tricks on IELTS Test: Writing Structure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.