EROPA dalam 6 Negara [Belanda, Itali, Vatican, San Marino, Perancis, Belgia]

Eropa. Benua Biru ini memang menjadi salah satu dari bucketlist / wishlist banyak teman-teman backpacker/traveller.

Musim Dingin. Saya, sebagai warga Negara Indonesia yang merupakan Negara tropis, melihat salju merupakan salah satu impian.

Desember 2014.  Musim dingin dan salju pertama saya.

Basic information:

  1. Schengen VISA
  2. Tiket Pesawat : skyscanner.net [JKT – AMS PP], Ryanair.com
  3. Tiket Kereta: orario.trenitalia.com [Itali]
  4. Akomodasi:
    • Couchsurfing.org
    • Airbnb.com
    • Booking.com
    • Hostelworld.com

Itenerary Europe & cost dalam EUR

itenerary

Itinerary di Belanda 

saat di Belanda, saya berkunjung di beberapa kota namun sayangnya saya lupa untuk mencatat harga. dibawah ini itenerary yang bisa saya share:

itenerary neth

Tips Hemat dan Nikmat:

Itali – Rome

  1. Jika teman-teman berencana mengelilingi kota Roma dengan berjalan kaki, maka ada baiknya teman-teman menghitung jumlah tiket metro yang dibutuhkan. Idealnya, kota Roma dan Vatikan membutuhkan 1 hari dan wisata koloseum 1 hari lainnya.
  2. sempatkan melihat beberapa souvenir / kerajina yang dijual di sekita koloseum. apabila beruntung teman-teman bisa menemukan pengrajin kalung dari uang logam
  3. Pilih akomodasi atau tempat tinggal yang dekat di stasiun sentral. referensi saya : Hotel Marsala

Itali – Rimini & San Marino

  1. Usahakan sampai di Rimini sebelum gelap. Tidak banyak orang berbicara bahasa Inggris [ingat, ini ITALIA]
  2. Jika teman-teman berkunjung saat musim dingin, pastikan hostel yang kamu pesan PASTI BUKA di tanggal yang kamu pesan. TIDAK SEMUA hotel buka pada saat musim dingin. karena Rimini adalah wilayah Pantai. Ramai saat musim panas, sangat sepi di musim dingin. Pengalaman saya, saya sampai di Rimini saat gelap. susah mencari bus karena tidak banyak orang bicara bahasa inggris. sangat sepi. hostel saya tutup! untung saja saya bertemu dengan rombongan turis yang juga menginap di hostel tersebut. pemandu turis itu mengetahui kalau hotel saya yang tutup ternyata digabungkan dengan hostel lain dalam satu grup saat musim dingin.
  3. Saat ke San Marino, pastikan cek cuaca tidak sedang turun salju. Keindahan kastil diatas bukit akan tidak terlihat ketika salju turun. Jika cukup lebat, petugas menutup kastil sehingga para pengunjung tidak bisa memasuki kastil.
San Marino Castle

Itali – Bologna

Penerbangan murah dari Itali ke Perancis [landing Paris] adalah melalui kota Bologna. sempatkan ke city square! karena ada satu bangunan dimana kita bisa mencoba saling berbisik satu sama lain dari tembok ke tembok.

NB: Untuk semua tiket kereta selama di Itali, kamu tidak perlu membeli secara online [agak ribet]. kamu cukup membelinya di ticket machine di stasiun Itali 😀

Bologna

Perancis – Paris [NEW YEAR’s EVE]

Berkunjung ke Paris saat Tahun Baru bukan pilihan yang baik. Beberapa alasan yang bisa saya sebutkan mengapa Teman-teman tidak perlu merayakan tahun baru di Paris:

  • MAHAL! harga hostel bisa 2x lipat
  • RAMAI. Kamu harus rela antre 2-5 jam di semua landmarks. untuk catacombs saja, saya antre hingga 5 jam. untuk Louvre saya antre 1 jam sebelum museum dibuka
  • Setiap tahun di Paris memang tidak ada perayaan yang spesial. Menara eiffel hanya akan bersinar seperti malam-malam biasanya. Pesta Kembang api dilaksanakan d Arc de Triumph bukan di menara eiffel yah!
  • Metro akan penuh sesak! karena Metro Paris GRATIS saat malam tahun baru. Namun, teman-teman harus berdesak-desakan dengan banyak orang [berhati2 dengan copet dan orang mabuk karena kamu bisa jadi korban copet atau korban muntah]. Metro terakhir adalah pukul 4 pagi. setelah itu tidak ada transportasi umum. Jadi, kamu harus memastikan sudah sampai di hostel sebelum jam 4 pagi.
Eiffel

Tips lainnya

  • Hati-hati PENIPUAN! ada yang menawari kamu mengisi formulir dengan alasan kemanusiaan. saya menemui modus ini di sekitar Arc de Triumph
  • Kota Paris memiliki lebih dari 10 jalur metro dan dibagi menjadi 3 ring. untuk menekan biaya, ada baiknya kamu memastikan hostel kamu terletak di RING 1 kota Paris dan kamu harus menghitung berapa jumlah tiket metro yang kamu butuhkan. Tidak ada ONE DAY tiket di Paris!!so, pelajari peta metro kota Paris dan be very smart untuk memilih jalur landmarks yang mau kamu kunjungi
  • Jangan lupa kunjungi XMAS Market di sepanjang jalan menuju Arc de triumph! coba Scalop, Croissant dan Champagne ala Perancis.

Belgia – Brussels

kalau kamu ingin menambah list negara tapi cuma punya sedikit waktu. Kamu bisa ke Brussels dalam waktu 3 jam. IYA! 3 JAM! kamu bisa ke city center, berbelanja coklat asli belgia dan mencoba waffle ala belgia, juga berkunjung ke Manekin piss Pria & Wanita yang terkenal itu. Di Brussels kamu juga bisa mencoba kerang yang dimakan dengan kentang goreng.

Perjalanan Paris – Brussels cukup singkat. ada baiknya kamu pesan tiket kereta Thalys jauh-jauh hari sehingga tidak mahal. untuk Perjalanan Brussels Amsterdam, jangan lewatkan stasiun ANTWERP! stasiun ini sangat besar, terdiri dari 4 lantai dengan 2 platform. Bangunannya yang tua cukup menarik untuk dikunjungi.

Belanda – Amsterdam

  • Coffee shop : bukan toko kopi tapi toko Ganja
  • Ganja legal di amsterdam, tapi jangan kelewatan yah. kalau kamu ingin mencoba untuk memesan, mungkin ada baiknya kamu tidak meremehkan kue brownies. karena efeknya akan lebih gila daripada linting [personal experience :p]
  • IKAN HARING! kamu bisa temukan di kios-kios pinggir jalan
Windmiil, Netherlands

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.